BzQbqi7srrl67Hfvhy9V9FxE68wSdBLJV1Yd4xhl

Pengikut

Dampak Penyalahgunaan Narkoba

Dampak Penyalahgunaan Narkoba
Penggunaan salah satu atau beberapa jenis narkoba yang dilakukan secara berkala di luar dari tujuan pengobatan dan penelitian dapat menimbulkan gangguan kesehatan terhadap jasmani, jiwa (mental), dan fungsi sosial sebagaimana penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Dampak Terhadap Jasmani
Pemakai narkoba akan mengalami gangguan-gangguan fisik sebagai berikut di bawah ini:
  1. Berat badannya akan turun secara drastis;
  2. Matanya akan terlihat cekung dan merah;
  3. Mukanya pucat;
  4. Bibirnya menjadi kehitam-hitaman;
  5. Tangannya dipenuhi bintik-bintik merah;
  6. Buang air besar dan kecil kurang lancar; dan
  7. Sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas.
Sedangkan dampak terhadap organ tubuh dalam diri pengguna narkoba, yakni:
  1. Kerusakan fungsi sistim syaraf susat (Otak);
  2. Terjadi infeksi skut otot jantung dan gangguan peredaran darah;
  3. Penularan penyakit;
  4. Gangguan pada paru-paru; 
  5. Mengganggu kinerja saluran cerna pada lambung dan usus besar.
Kerusakan Fungsi Sistim Syaraf Pusat (Otak)
Otak adalah bagian terpenting dalam sistem syaraf pusat sehingga otak dilindungi oleh tulang tengkorak yang sangat kuat. Waspadalah penyalahgunaan narkoba dapat merusak dan membahayakan jaringan fungsi sistem syaraf pusat (otak). Otak terbuat dari bahan yang sangat halus dan lunak dimana dilakukan milyaran pesan-pesan elektronik yang menggerakkan seluruh tubuh dan mengendalikan berbagai fungsi penting seperti jantung, paru-paru, kelenjar hormon dan pencernaan.

Di samping itu juga terdapat kemampuan berbahasa, melakukan berbagai pemecahan masalah secara logis atau rasional mengenai berbagai cita rasa benda dan cairan yang masuk ke dalam mulut dan menyentuh lidah, mengenali berbagai jenis bebauan dari gas atau udara yang masuk ke rongga hidung, mengingat sesuatu yang pernah dipelajari dan ribuan fungsi lainnya. Oleh karena itu, sistem syaraf pusat (otak) adalah bagian tubuh yang memberi hidup pada kita yang harus kita jaga dengan sangat hati-hati. Penggunaan narkoba sangat membahayakan fungsi sistem syaraf pusat sehingga harus dicegah sedini mungkin dengan menjauhi narkoba.

Terjadi Infeksi Akut Otot Jantung dan Gangguan Peredaran Darah
Jantung sebagai alat hidup tubuh kita, setiap detik memompakan darah ke seluruh tubuh kita. Terganggunya alat pompa darah kita karena narkoba berarti fungsi kesehatan, kekebalan tubuh kita sedikit demi sedikit akan hilang dan rusak.

Penularan Penyakit
Para pengguna narkoba terbiasa menggunakan satu jarum suntik beberapa kali dan bergantian dengan temannya hal ini sangat berbahaya karena dapat menularkan penyakit seperti HIV/ AIDS.

Gangguan pada Paru-paru
Penggunaan narkoba dapat mempengaruhi paru-paru, sehingga penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti TBC, sukar bernapas, sesak napas dan penyakit-penyakit paru-paru lainnya sering diderita oleh pengguna narkoba.

Mengganggu Kinerja Saluran Cerna pada Lambung dan Usus Besar
Kinerja saluran cerna pada lambung dan usus besar terganggu, hal ini mengakibatkan susah buang air besar.

Dampak Terhadap Kejiwaan atau Mental
Dalam kehidupan sosial, remaja diharapkan untuk mampu menyesuaikan diri secara positif dan konstruktif dengan lingkungannya dan berkomunikasi secara efektif. Perasaan rendah diri di dalam pergaulan harus dihilangkan dan ditumbuhkan sikap saling menghargai. Selain itu pula, remaja harus dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Bagi remaja pemakai narkoba, hal ini akan sulit dilakukan karena mereka akan memiliki kecenderungan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Emosi tidak stabil;
  2. Bersikap labil;
  3. Cepat memberontak atau membangkang;
  4. Introvert dan penuh rahasia;
  5. Sering berbohong dan suka mencuri;
  6. Menjadi sensitif, kasar dan tidak sopan;
  7. Kehilangan nafsu makan;
  8. Memiliki kecurigaan yang sama terhadap semua orang;
  9. Menjadi malas dan prestasi belajar menurun; dan
  10. Akal sehat tidak berperan dan berpikir irasional.
Pada saat remaja akan mengalami intoksikasi atau teler, hal mana apa pun akan dilakukannya tanpa memperhitungkan dengan akal sehat akibat-akibat negatif dari perbuatannya tersebut yang penting kebutuhannya saat ini terpenuhi walaupun harus melakukan jalan pintas. Dalam mengamati perilaku remaja pemakai narkoba sulit bagi orang tua dan guru untuk menentukan secara pasti apakah perilaku yang ditampilkan saat ini merupakan sebab atau akibat karena biasanya muncul secara bersamaan.

Dampak Terhadap Lingkungan atau Sosial
Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat termasuk juga dalam lingkungan sekolah banyak dijumpai remaja yang hanya menjadi pemakai narkoba, pengedar ataupun kedua-duanya sebagai pengedar dan juga sebagai pemakai. Adapun dampak terhadap lingkungan dibagi kedalam 3 (tiga) lingkungan yang terdiri dari:
  1. Dampak terhadap Lingkungan Keluarga;
  2. Dampak terhadap Lingkungan Sekolah; dan
  3. Dampak terhadap Lingkungan Masyarakat.
Dampak terhadap Lingkungan Keluarga
  1. Akan mengganggu keharmonisan keluarga;
  2. Merongrong keluarga;
  3. Membuat aib keluarga; dan
  4. Hilangnya harapan keluarga.
Dampak terhadap Lingkungan Sekolah
Di lingkungan sekolah sangat dikhawatirkan pecandu narkoba akan mempengaruhi yang lain. Biasanya para siswa atau siswi sulit untuk menolak ataupun mengatakan tidak kepada teman yang menawarkan, apalagi kalau yang bersangkutan adalah teman baiknya atau anggota kelompoknya. Hal ini akan berakibat munculnya keresahan-keresahan yang mempengaruhi proses belajar mengajar dan relasi antar teman. Tidak menutup kemungkinan karena merasa terancam siswa tertentu memilih untuk pindah sekolah.

Dampak Terhadap Lingkungan Masyarakat
Dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas banyak dijumpai ulah para pengedar dan pemakai narkoba yang meresahkan. Mereka tidak segan-segan untuk melakukan tindak kriminal seperti menodong, mencopet, merampok dan mencuri hanya semata-mata untuk mendapatkan narkoba. Bagi mereka yang sudah sampai pada tingkat ketergantungan yang tinggi, apapun risikonya tidak akan diperhitungkan lagi karena yang terpenting bagi dirinya adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan narkoba.

Demikian penjelasan singkat mengenai Dampak Penyalahgunaan Narkoba yang dirangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika ada pernyaan atau tanggapan sehubungan dengan artikel ini, silahkan kirimkan pesan atau tinggalkan komentar di akhir postingan. Kritik dan sarannya sangat diperlukan untuk membantu kami menjadi lebih baik kedepannya dalam menerbitkan artikel. Terima kasih. 
Baca Juga:
Erisamdy Prayatna
Blogger | Advocate | Legal Consultant
Father of Muh Al Ghifari Ariqin Pradi

Baca Juga: