BzQbqi7srrl67Hfvhy9V9FxE68wSdBLJV1Yd4xhl

Pengikut

Pelayanan Kesehatan Gigi Puskesmas

Pelayanan Kesehatan Gigi Puskesmas
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten/ kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja (Depkes, 2011). 

Penyelenggaraan upaya kesehatan gigi di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan kesehatan yang diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu, merata dan meliputi upaya peningkatan, pencegahan, penyembuhan dan pemulihan yang ditujukan pada semua golongan umur maupun jenis kelamin. 

Kegiatan ini dapat dilakasanakan di dalam gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan diluar gedung Puskesmas seperti UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah) dan UKGM (Usaha Kegiatan Gigi Masyarakat) dengan menitikberatkan pada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan hyang optimal tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

Pelaksanaan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas 
Pelaksanaan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas pada dasarnya diselenggarakan bentuk kegiatan sebagai berikut:
  1. Pembinaan atau pengembangan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam upaya pelihara diri (selfcare) melalui pengembangan upaya kesehatan yang bersumber pada aktifitas masyarakat dengan pendekatan UKGM (Usaha Kegiatan Gigi Masyarakat);
  2. Pelayanan asuhan pada kelompok rentan, seperti pada anak sekolah melalui pendekatan UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah) dan pada kelompok ibu hamil atau menyusui serta pada anak prasekolah; dan
  3. Pelayanan medik dasar, hal mana di Puskesmas dilaksanakan terhadap masyarakat baik yang datang mencari pengobatan maupun yang dirujuk oleh BPG (Balai Pengobatan Gigi).
Tujuan Pelayanan Kesehatan Gigi Puskesmas
  1. Meningkatkan kesadaran, sikap dan perilaku masyarakat dalam kemampuan pelihara diri di bidang kesehatan gigi dan mulut dan mampu mencapai pengobatan sedini mungkin dengan jalan memberikan pengertian kepada masyarakat tentang pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut;
  2. Menurunkan prevalensi penyakit gigi dan mulut yang banyak diderita masyarakat seperti carries dan penyakit periodontal dengan upaya perlindungan khusus tanpa mengabaikan upaya penyembuhan dan pemulihan terutama pada kelompok yang rentan terhadap carries; dan
  3. Terhindarnya dan berkurangnya gangguan fungsi kunyah akibat kerusakan gigi.
Kegiatan Poli Gigi di Puskesmas
  1. Penambalan Gigi;
  2. Pencabutan Gigi;
  3. Pembersihan Karang Gigi;
  4. Perawatan Pulp Capping (Saluran Akar);
  5. Konseling; dan
  6. Rujukan.
Penambalan Gigi
Salah satu cara untuk memperbaiki kerusakan gigi agar gigi kembali kebentuknya semula dan bisa kembali berfungsi dengan baik. Dengan menutup lubang gigi menggunakan tambalan, maka jalan masuk bakteri pun akan tertutup sehingga bisa menghentikan kerusakan gigi lebih lanjut. Selain itu, penambalan juga bertujuan untuk menutup tubulus dentin yang terbuka yang merupakan penyebab adanya rasa linu pada gigi yang berlubang (Ramadhan AG, 2010).

Pencabutan Gigi
Tindakan pencabutan gigi merupakan tindakan mengeluarkan gigi dari soket tulang alveolar. Tindakan pencabutan gigi adalah tindakan akhir apabila kerusakan yang terjadi terlalu besar dan struktur gigi yang tersisa tidak dapat mempertahankan gigi tersebut dalam rahang (Tarigan R, 1989).

Pembersihan Karang Gigi
Pembersihan karang gigi merupakan salah satu dari prosedur pencegahan (preventif) penyakit gigi geligi. Pembersihan karang gigi dapat dilakukan dengan menggunakan suatu alat tertentu yang disebut scaler. Ada 2 jenis scaler yaitu ada yang scaler manual dan ada juga yang scaler ultrasonic. Adapun yang umumnya digunakan adalah scaler ultrasonic yang memiliki getaran dan permukaan yang halus, bukan seperti bor yang permukaannya kasar sehingga tidak mengambil jaringan gigi yang sehat. Pembersihan karang gigi berkala membantu mengeliminasi bakteri didalam mulut, dan jelasjelas membantu mengurangi karies gigi, peradangan gusi dan tulang penyangga gigi, serta mengurangi kemungkinan tanggalnya gigi. Pembersihan karang gigi dan control plak berkala secara teratur, dapat membantu mempertahankan kesehatan dan kebersihan rongga mulut (Gracia, 2014).

Perawatan Pulp Capping (Saluran Akar)
Perawatan ini adalah suatu prosedur penutupan pulpa dengan selapis tipis medikamen yang diletakkan langsung di atas pulpa yang terbuka (Inge et al, 2008). Tujuan dari perawatan ini adalah untuk menurunkan inflamasi dan menginduksi terbentuknya jembatan dentin yang nantinya berfungsi sebagai pengganti atap pulpa yang terbuka sehingga dapat melindungi pulpa dari jejas tambahan (Endah, 2016). Pemilihan medikamen tersebut harus memiliki karakter biologis, seperti; tidak mengiritasi pulpa, dapat melindungi vitalitas pulpa, memiliki keefektifan antibakteri dan anti inflamasi yang baik sehingga dapat mengontrol intesitas dan durasi proses inflamasi (Dong et al, 2016).

Konseling
Konseling atau penyuluhan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli kepada individu yang mengalami suatu masalah yang bermuara kepada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Konseling perawatan kebersihan gigi dan mulut merupakan bimbingan oleh dokter gigi atau yang berkompeten kepada pasiennya mengenai cara merawat kebersihan gigi dan mulut.

Rujukan
Pengertian rujukan adalah suatu sistem penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang melaksanakan pelimpahan tanggung jawab atau timbal balik terhadap satu kasus penyakit atau masalah kesehatan secara vertical dalam arti dari unit kesehatan yang kurang mampu kepada unit yang lebih mampu atau secara horizontal dalam arti unit kesehatan yang setingkat lebih tinggi kemampuannya.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pelayanan Kesehatan Gigi Puskesmas yang dirangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika ada pertanyaan atau tanggapan sehubungan dengan artikel ini, silahkan kirimkan pesan atau tinggalkan komentar di akhir postingan. Kritik dan sarannya sangat diperlukan untuk membantu kami menjadi lebih baik kedepannya dalam menerbitkan artikel. Terima kasih. 
Baca Juga:
Erisamdy Prayatna
Blogger | Advocate | Legal Consultant
Father of Muh Al Ghifari Ariqin Pradi

Baca Juga:

Posting Komentar