BzQbqi7srrl67Hfvhy9V9FxE68wSdBLJV1Yd4xhl

Pengikut

Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien

Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien 
Menurut Lopez (1994) bahwa aspek yang sering dipergunakan untuk mengukur atau indikator dari kepuasan pasien adalah terdiri dari aspek berikut ini: 
  1. Avaliability
    Avaliability yaitu merupakan bentuk pelayanan kepada pelanggan dimana keberadaan para pembeli pelayanan selalu mudah dan gampang ditemui bila saat diperlukan.
  2. Responsiveness 
    Responsiveness
    yakni bentuk pelayanan dimana para pemberi pelayanan selalu tanggap atau memberi respon kepada kebutuhan atau keperluan para pelanggan.
  3. Pleasness 
    Pleasness
    yakni bentuk pelayanan dimana para pemberi pelayanan selalu memberi pelayanan dengan cara yang menyenangkan kepada para pelanggan. 
  4. Timeliness of Support
    Timeliness of Support
    yakni pekerjaan yang selalu tepat waktu dalam bekerja.
  5. Complereness of Support
    Complereness of Support
    yakni dukungan dari semua pihak agar pekerjaan selalu tuntas. 
  6. Professionalism
    Professionalism
    yakni tingkat kemampuan atau kemahiran sesuai dengan keahlian untuk melayani pelanggan. 


Aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap menurut Mosion Walter dan White (Supardi, 2000), yakni terdiri dari:
  1. Karakteristik produk;
  2. Harga;
  3. Pelayanan;
  4. Lokasi;
  5. Fasilitas;
  6. Image;
  7. Desain visual;
  8. Suasana; dan
  9. Komunikasi
Karakteristik produk
Karakteristik produk merupakan bangunan fisik rumah sakit seperti tipe kamar yang tersedia, penampilan, bangunan rumah sakit.

Harga
Harga menjadi tolak ukur dalam kepuasan pasien seperti biaya yang dikeluarkan pasien selama dirawat, dimana pada umumnya semakin meningkat atau mahalnya biaya rumah sakit, maka semakin meningkat harapan pasien terhadap pelayanan yang berkualitas.

Pelayanan
Pelayanan dalam rumah sakit juga hal yang penting seperti keramahan perawat, kecepatan dan ketetapan dalam melakukan tindakan keperawatan, memperhatikan kebutuhan pasien selama di rawat di rumah sakit, termasuk pelayanan jaminan kesehatan bagi pasien yang tidak mampu.

Lokasi
Lokasi pasien merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena letak rumah sakit, letak kamar mempengaruhi kepuasan pasien.



Fasilitas
Kelengkapan rumah sakit menjadi penilaian akan kepuasan pasien, karena fasilitas dapat dirasakan oleh individu secara subjektif.

Image
image yang dimaksud adalah citra reputasi, keperdulian rumah sakit terhadap lingkungan menjadi penilaian kepuasan bagi pasien. 

Desain visual
Desain visual termasuk diantaranya adalah dekorasi ruangan, tata ruang, bangunan dan desain jalanan yang tidak rumit. 

Suasana
Suasana dalam rumah sakit juga mendukung kepuasan pasien keakraban, keamanan, tata lampu.

Komunikasi
Komunikasi merupakan salah satu bagian yang penting bagi kepuasan pasien, dimana dalam memberikan pelayanan perawat perlu berkomunikasi serta menanggapi keluhan-keluhan pasien untuk dapat menyelesaikan masalah yang sedang dialami pasien.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa aspek yang sering dipergunakan untuk mengukur atau indikator dari kepuasan pasien adalah avaliability, responsiveness, pleasness, timeliness of support, complereness of support, professionalism, karakteristik produk, harga, pelayanan, lokasi, fasilitas, image, desain visual, suasana dan komunikasi.
 
Demikian penjelasan singkat mengenai Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien yang dirangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika ada pertanyaan atau tanggapan sehubungan dengan artikel ini, silahkan tinggalkan pesan atau komentar di akhir postingan. Kritik dan Sarannya dibutuhkan untuk menjadikan kami lebih baik dalam menerbitkan artikel. Terima kasih.
Baca Juga:
Erisamdy Prayatna
Blogger | Advocate | Legal Consultant
Father of Muh Al Ghifari Ariqin Pradi

Baca Juga:

Posting Komentar